tentang ide

Dan aku tidak akan lagi percaya pada ide dari cerita-cerita lainnya

Selasa, 13 Desember 2011

“Asap dan Kamar Mandi”


oleh Abimanyu Isranto
Waktu sudah menunjukkan pukul satu dini hari. Suasana rumah sudah sangat sunyi. Ya, rumahku yang pada siang hari ramai oleh teriakan dan gurauan saudara-saudaraku pada akhirnya merasakan tenangnya juga di malam hari. Saking sunyi, senyap, suara pergerakkan jarum jam di ruang tamu pun terdengar jelas dan teratur di telinga. Tik tak tik tak tik tak... 
Angin berhembus dari sela-sela ventilasi udara kamarku. Amat kencang sampai-sampai bulu kudukku berdiri. Sebab angin malam ini pula aku merasakan perutku bergejolak. 
Hadeeh, udah malem jelang pagi gini aja masih bisa mules ente. Gak bisa diajak kompromi banget dah ah lu!”, aku menggerutu pada perutku sendiri. Gejolak perut yang tadinya masih dalam batas wajar, kini mulai menekan ke segala arah. Seperti ingin dimuntahkan saja segala isinya ke lantai. Aih, aku buru-buru beranjak dari kamar tidur menuju kamar mandi.
Aku memilih kamar mandi yang berada di bagian belakang rumah, dekat dapur. Di sanalah ketenangan buang air dapat kurasakan, terkadang ada saja pemikiran-pemikiran brilian yang muncul selepas berkutat masalah perut di sana. Tetesan air yang berirama membawa suasana makin syahdu. Berdinding keramik-keramik tua berwarna biru laut yang khas menjadikannya sebagai terapi mataku juga dikala suntuk. Dan alasan lainnya ialah karena kloset kamar mandinya jongkok. Cocok betul untuk ukuran orang-orang Asia sepertiku. Hahaha.
Setelah membuka seluruh pakaian bawah yang menempel, kini posisiku sudah mantap untuk melakukan pelepasan. Aku baru ingat sudah tiga hari aku tidak melakukannya. Maklum, saking sibuknya bermacet-macet ria di jalanan ibukota dengan polusi di mana-mana, membuat sedikit banyak ampas-ampas di dalam perutku bertransformasi menjadi gas yang busuk.
Pekerjaan ini menjadi tidak lagi mudah dan senyaman yang kukira. Percobaan pertamaku gagal. Kalau kata teman-temanku di salah satu milis ternama, aku pasti dibilang ”gagal pertamax, Gan!”. Maka aku tak mau gagal untuk percobaan kedua. Aku memulainya dengan menarik napas panjang. Cara ini terbilang ampuh untuk saat-saat menyusahkan seperti sekarang. 
Perlahan aku berkonsentrasi membuat sebuah titik pandang di antara warna keramik yang membiru laut. Lalu dengan tangan yang sembari memijit-mijit perlahan perutku, aku mulai memfungsikan pernapasan perut. Bagiku ini akan lebih mengena bagi perut yang tak mau diajak kompromi. Pemicu akibat pernapasan itu membuat perutku bergejolak, terombang-ambing, berkontraksi, bahkan berkonfrontasi dengan anggota tubuhku yang lain.
Tak ketinggalan pula erangan sekuat tenaga dan seikhlas hati kukeluarkan dari mulut, ”Eeeeee’!”. Dan... Plossshhhh. Ledakkan eksplosif pertama telah berhasil kukeluarkan dengan susah payah. Rasa lega dan puas sedang menghiasi wajahku, sama seperti wajah Sekutu saat berhasil membom atom Hiroshima dan Nagasaki. Haaaaah. Lega. Benar-benar lega.
Ledakan kuat-bertenaga itu kurasakan terlalu berlebihan sampai-sampai membuatku merasa pusing. Dalam kepusingan dan posisi yang masih berjongkok, aku mencoba memejamkan mataku sejenak, menyandarkan kepalaku pada tanganku yang menyilang di atas lutut, lalu tanpa bisa sadar aku pingsan dalam keadaan jongkok.


***


Aku terbangun beberapa saat setelah kepusingan tadi. Aku masih merasakan sedikit pusing, meskipun perutku sudah damai sentosa. Napasku tersedak tatkala melihat asap-asap tebal masuk melewati celah-celah pintu kamar mandi.
Dengan cekatan aku mengambil gayung untuk membersihkan hadas-hadas yang mungkin masih tertinggal di sekitar anusku. Setengah terburu-buru aku mencoba meraih celanaku yang kusampirkan di pintu kamar mandi. Aku memakainya agak asal-asalan sebab tak tahan dengan asap yang mulai mengitari ruangan sempit ini.
Dugdugdugdug! Aku mencoba membuka pintu, tapi pintu sulit sekali terbuka. Aku kembali mengerang saat mendobrak pintu dengan paksa, hasilnya, pintu terbuka hingga terlepas dari engselnya. Aku terperosok ke atas pintu yang terjatuh. Asap-asap mengepul, abu-abu beterbangan ke mana-mana akibat ulah dobrak paksa yang kulakukan.
”Uhuk-uhuk! Huek!”, aku terbatuk-batuk hampir muntah, tak kuat rasanya menahan asap bercampur abu yang masuk melalui area pernapasanku. Sambil mengibas-ngibaskan tangan di depan hidung, aku mulai bangkit. Aku mulai melihat sekitar. ”Innalillahi! ”, teriakku dalam hati. Tiada lagi tembok-tembok pembatas yang membelah antara ruangan di rumahku dengan jalan. Terlihat samar-samar ratusan orang berjejal mengitari rumahku.
Kepalaku yang tadinya hanya mengarah pada satu sudut pandang, dengan hati-hati mengamati keadaan sekitarku berlawanan dengan arah jarum jam. Kulihat memang tidak ada lagi pembatas, tembok-tembok rumahku roboh semua. Kecuali satu yang masih utuh. Ya, kamar mandi yang sempat aku pakai tadi, hanya itu.
Jantungku berdetak kencang menyadari keadaan ini. Setengah menit kemudian aku terkesiap, mulai kalap mencari orang-orang rumah. Ayah, ibu, serta adik-adikku. Dalam reruntuhan aku mencari mereka. Namun semuanya hanya abu, abu, dan abu lagi. Aku menyingkirkan material-material bangunan yang hangus demi mencari secercah harapan, atau barangkali tanda-tanda kehidupan.
Betul saja, aku menemukan tangan, sepertinya tangan ibu. Aku pegang erat-erat lalu kutarik. Hah! Setengah duduk karena terpental aku masih memegangi tangan tanpa badan itu. Ku pandangi betul-betul tangan itu, dari ujung kuku yang menggosong hingga pada bagian siku yang meneteskan darah. Semangatku mencari harapan-harapan terhadap keluargaku yang lain pupus seketika. Inilah kekalahan telak dalam hidupku setelah kehilangan segalanya. Seorang prajurit yang telah dilucuti senjatanya dan harus kehilangan rekan-rekan serta komandannya dalam perang adalah aku.
Jakarta, 20 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila malam belum habis

"aku akan terus menulis
bukan karena semata-mata
keinginanku sendiri
melainkan karena tuntutan
jiwaku untuk terus dan tetap
mewarnai setiap jengkal
dunia sastra

:aku berpijak di sana"