tentang ide

Dan aku tidak akan lagi percaya pada ide dari cerita-cerita lainnya

Senin, 29 November 2010

"penglihatan dalam kutip"

aku menatap miris
pada seorang yang kubilang
tinggal seonggok 
tulang berbalut kulit

matanya kosong tak berisi,
hanya sebatas hitam pekat 
mungkin abuabu
setitik;
fisiknya melegam 
serupa metal baja
belum ditempa

aku merinding
tatkala desir angin
menggerayang punggung
: malaikat tanpa cahaya
menyeret rantairantai tebal
menyala,
nafasnya makin tersengal;
seperti dihirup setengah bagian

bukan yang pertama kumenyaksikan
tapi
ini yang terseram:
                               sunyi sendiri;
                   sepi melankoli;
senyap megapmegap
sejengkal jaraknya,
akhirnya

tak ditemui asa
berjumpa diharapnya
malaikat itu
: tanpa cahaya atau buruk rupa;
 egois bermain sendiri
 dengan nyawa takkenal peniupnya
 nikmat beroleh berkat baginya

kejam siapa:
manusia dalam cahaya
                                      atau
malaikat tanpa cahaya

Kebon Singkong, 17 Nov 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila malam belum habis

"aku akan terus menulis
bukan karena semata-mata
keinginanku sendiri
melainkan karena tuntutan
jiwaku untuk terus dan tetap
mewarnai setiap jengkal
dunia sastra

:aku berpijak di sana"